Assalamualaikum para pengujung yang baik hati..
Vlog ini sengaja saya buatkan sebagai kumpulan tugas mahasiswa
yang mengambil mata kuliah yang saya ampu. Hal ini saya lakukan untuk merubah pola
tugas lama ke tugas baru dengan mengikuti "Zaman Now" ini. Sebagai
dosen yang lahir di generasi Milenial atau generasi yang hidup generasi zaman now (generasi Z) saya ingin membuat mata kuliah yang saya ampu lebih mudah dipahami, santai
namun mahasiswa mengerti apa yang saya sampaikan, berusaha menyesuaikan dengan keinginan mahasiswa,
sehingga tidak terjadi kebosanan di kelas. Saya paham betul saat ini saya sedang berbagi ilmu kepada generasi Z yang memiliki pikiran, ide jauh lebih hebat dibandingkan dengan generasi Milenial sehingga menuntun saya untuk lebih berpikir keras lagi bagaimana cara saya untuk terlibat langsung "masuk ke alam" mereka (generasi Z).
Walaupun memberikan tugas sesuai dengan apa yang mahasiswa zaman now sukai namun Hal ini tentu tetap mengacu kepada KKNI dimana kerangka acuan yang dijadikan ukuran dalam pengakuan penjenjangan pendidikan adalah Mahasiswa harus lebih aktif dan mampu memahami materi dengan baik.
Walaupun memberikan tugas sesuai dengan apa yang mahasiswa zaman now sukai namun Hal ini tentu tetap mengacu kepada KKNI dimana kerangka acuan yang dijadikan ukuran dalam pengakuan penjenjangan pendidikan adalah Mahasiswa harus lebih aktif dan mampu memahami materi dengan baik.
Dalam Vlog ini mahasiswa yang mengambil mata kuliah saya diberikan tugas dalam bentuk Vlog (dalam bentuk: studi kasus, dan penjelasan ulang), tugas Instagram dengan caption sesuai dengan materi yang sudah dibahas, presentasi didepan kelas, yang pada intinya tugas mahasiswa yang mengambil mata kuliah saya adalah paperless (kita generasi Millenial dan generasi zaman now peduli lingkungan). Sehingga output dari tugas ini sesuai dengan Permenristek Dikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dimana Kurikulum yang menuntut mahasiswa untuk memiliki kemampuan dengan memenuhi kriteria :
1. Dalam aspek
Attitude, tercapai dengan baik. ketika mahasiswa membuat Vlog, mereka akan
tampil semaksimal mungkin karena dilihat banyak orang, jika hanya alakadarnya
maka siap-siaplah mendapat "Jempol terbalik". Atittude mereka akan
menjadi lebih baik dan mampu mengendalikan diri. yang tadinya cuek akan
terbiasa dengan orang banyak dan berusaha membuat penonton menjadi perhatian,
begitu juga tugas melalui presentasi di kelas ini melatih mahasiswa untuk lebih
aktif dan mampu mempertahankan argumentasi mereka dengan baik sesuai dengan
materi yang dibahas dan ini tentu berguna ketika mahasiswa akan melalui sidang
skripsi.
2. Bidang kemampuan
kerja, Tercapai dengan baik, Kemampuan kerja mereka akan terasah, yang tadinya
tugas biasanya "copy -paste" dengan upload video mereka harus
berusaha mempertanggung jawabkan tugas mereka, kemampuan kerja mereka akan
meningkat karena berusaha untuk tampil sesiap-siapnya.
3. Pengetahuan,
tercapai dengan baik. Mahasiswa akan bertambah pengetahuanya karena ada usaha
untuk menjadi yang berbeda, jika mereka tampil biasa maka penilaian orangpun
akan biasa, ingat penilaian mahasiswa saya lakukan langsung di kolom komentar
akun youtube, instagram, dan tugas presentasi kelas ketika selesai presentasi.
4. Managerial dan
Tanggung Jawab, Tercapai dengan baik, dari semua tugas yang diberikan, adan
tanggung jawab buat mahasiswa, karena menjadi mahasiswa itu berat tidak mudah,
hanya mahasiswa terpilih saja yang bertahan.. heheh..
Ingat.. Generasi Milea, eh Milenial dan generasi Z adalah generasi yang kreatif, jika kamu tak kreatif sudah pindah saja ke generasi Maturist. Kreatif adalah fondasi generasi kita jika tak mampu maka bersiaplah untuk tertindas..
Salam Bangga saya kepada seluruh mahasiswa Indonesia yang tak pernah berhenti untuk terus belajar. Jangan pernah lelah untuk belajar, dimanapun, sampai kapanpun, belajar adalah jati diri kita sebagai manusia.
Emaridial Ulza
kontak: emaridialulza@gmail.com
www.ulza.me
Posting Komentar